by

Disnav Kelas I Palembang Kembali Libatkan 63 Masyarakat Non Skill Dalam Padat Karya Tahap II 2022

PALEMBANG,MRS – Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Palembang kembali melaksanakan program Padat Karya tahap II Tahun 2022 dengan melibatkan pekerja yang berasal dari warga setempat.

Pembukaan kegiatan Padat Karya Tahap II digelar di halaman Kantor Distrik Navigasi Kelas I Palembang Jalan Blinyu Lawang Kidul Kecamatan Ilir Timur II Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (8/11/2022).

Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas I Palembang Marta Hardisarwono SE MSi mengungkapkan bahwa program Padat Karya Tahap II secara total melibatkan 63 pekerja, dimana Tahap pertama sudah dilaksanakan sekitar bulan Maret dengan lokasi titik kerjanya hampir sama.

” Lokasi Padat Karya Tahap II ada 7 (tujuh) titik yaitu satu
titik Lokasi Dermaga Kantor Distrik Navigasi Kelas I Palembang melibatkan tenaga kerja 10 orang dengan pekerjaan pembersihan halaman Dermaga dan 5 orang dengan pekerjaan pengecatan pagar kantor,” ungkapnya.

Lanjut ia ungkapkan dua titik selanjutnya di Stasiun Radio Pantai (SROP) Palembang yaitu Kenten dan Pandawa, melibatkan tenaga kerja sebanyak 18 orang, untuk kegiatan pembersihan dan pengecatan di SROP Pandawa serta pekerjaan pemeliharaan di SROP pelabuhan Kenten.

“Tiga lokasi titik berikutnya di Rambu Suar (Ramsu) alur pelayaran sungai musi yaitu Ramsu Selat Banjar, Ramsu Pulau Burung dan Ramsu Sudimara yang melibatkan tenaga kerja sebanyak 25 orang dengan pekerjaan pembersihan lahan dan pengecatan Ramsu. Kemudian di Provinsi Bangka Belitung satu titik lokasi yaitu lokasi menara suar Tanjung Kalian yang melibatkan tenaga kerja sebanyak 5 orang dengan pekerjaan pemeliharaan pagar menara suar Tanjung Kalian,” bebernya Marta.

Marta jelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pekerjaan bagi masyarakat sekitar yang merupakan tenaga non skill, sehingga menambah pendapatannya dan juga untuk mendongkrak perekonomian karena pandemi covid-19.

“Untuk upah bagi pekerja berasal dari dana anggaran kegiatan Kantor Distrik Navigasi Kelas I Palembang sebesar Rp 140 Ribu perhari untuk satu orang,” jelasnya

Untuk pelaksanaannya serentak mulai hari ini, 8-17 Nobember 2022 dan target penyelesaiannya tergantung titik lokasinya yaitu ada yang menyelesaikan 5 hari dan ada 10 hari.

“Untuk mencari masyarakat yang dilibatkan dalam kegiatan ini, pihaknya melibatkan Ketua RT setempat, sehingga masyarakat yang dilibatkan betul-betul non skill,” katanya Marta.

Terakhir dia menambahkan bahwa kegiatan ini rutin akan dilaksanakan setiap tahun, guna membantu perekonomian masyarakat non skill.

“Kegiatan Padat Karya Tahap II dilaksanakan bersamaan dilaksanakannya sensus ekonomi oleh pemerintah, dimana seberapa jauh dampak karena pandemi covid-19 yang sudah dilewati, apakah sudah bisa kembali keasal atau belum dan kalau kita lihat saat ini belum, tetapi aktivitas sudah bisa jalan,” pungkasnya Marta (Zul).

Comment

News Feed